Karoseri New Lie ling

Karoseri New Lie ling ini berawal dari perusahaan keluarga yang bergerak di bidang industri karoseri yaitu suatu usaha industri pembuatan body mobil beserta interiornya di atas chassis dan mesin yang diproduksi oleh pabrik lainnya, atau lebih dikenal sebagai rancang bangun kendaraan roda empat. Perusahaan karoseri ini mulai berdiri kira-kira pada tahun 1945 yang didirikan oleh Bapak Lie Ling yang dahulunya bekerja kepada perusahaan industri karoseri milik orang Belanda. Produk yang dihasilkan pada masa itu adalah bus antar kota, truk angkut, dan mobil oplet untuk penumpang umum (angkutan kota).

Perusahaan ini awalnya berlokasi di daerah dekat sungai Cikapundung, tepatnya di jalan Faktori No.5 dengan nama Lie Ling. Setelah Bapak Lie Ling wafat, perusahaan ini dijalankan oleh anak-anaknya, terpecah menjadi tiga perusahaan karoseri yang masih bertahan hingga sekarang, salah satunya adalah Karoseri New Lie Ling. Perusahaan perseorangan ini awalnya berkembang dengan nama Karoseri Banceuy Jaya pada tahun 1967  yang dikelola oleh Bapak Luis Haryanto, dan menjadi perusahaan karoseri terbesar di kota Bandung pada tahun 1970. Saat itu produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah mobil minibus, mobil angkutan kota dan mobil angkutan desa serta membuat bus antar kota. Tahun 1985 perusahaan mulai mengalami kemunduran akibat makin banyaknya perusahaan sejenis dan semakin terjangkaunya masyarakat untuk dapat membeli mobil yang sudah jadi (tidak berbentuk chassis). Pada tahun 1989 akhirnya Bapak Luis Haryanto memutuskan untuk menutup usahanya dan beralih usaha kontruksi bangunan. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1994 terjadi krisis moneter yang menyebabkan usaha di bidang kontruksi bangunan Bapak Luis Haryanto harus tutup.

Pada tahun 2002 Bapak Luis Haryanto mulai membangun usaha barunya yang telah lama ia tinggalkan yaitu mendirikan perusahaan karoseri di Jl. Kopo No. 342 dengan memproduksi mobil angkutan kota. Untuk memaksimalkan usahanya Bapak Luis Haryanto memutuskan untuk memberikan tanggung jawab pengelolaan perusahaannya kepada anaknya yang ketiga yaitu Bapak Ferdinan Haryanto yang telah lulus kuliah di bidang Manajemen. Karena tempat usaha yang dirintisnya kembali tersebut berupa bangunan kontrakkan maka Bapak Luis Haryanto memutuskan untuk membeli sebidang tanah seluas 3.300 m2 di daerah  Bojong Malaka Baleendah. Pada tahun 2004 Bapak Luis Haryanto dan Bapak Ferdinan Haryanto mulai membangun pabriknya di lahan tersebut yang masih berupa lahan kosong yang akhirnya dapat diselesaikan pembangunan pabrik tersebut pada tahun 2005.

Untuk mengembangkan usaha maka  dibawah kepemimpinan Bapak Ferdinan Haryanto akhirnya mulai melirik segmen lain yaitu pembuatan mobil minibus untuk travel antar kota, mobil khusus untuk makanan, mobil khusus untuk angkut barang/paket serta bus ukuran sedang. Selain mobil khusus yang disebutkan diatas, guna meningkatkan penghasilan perusahaan ini juga menerima reparasi mobil (body repair) dan modifikasi mobil untuk mengisi kapasitas tempat yang masih berlebih serta mengikat hubungan kerjasama dengan beberapa dealer mobil sebagai pemasok  (vendor) karoseri. Pada tahun 2011 Perusahaan NEW LIE LING merubah status perusahaan menjadi CV / Perseroan Komanditer dengan nama CV. NEW LIE LING  yang bergerak pada bidang  Auto Body Design dan Consultant untuk rancang bangun karoseri kendaraan, serta bidang usaha lainnya yang merupakan pengembangan dan pendukung dari bidang usaha utama seperti Body Repair.

Sesuai dengan perkembangan permintaan pasar yang tinggi dan meningkatnya kuantitas produksi karoseri dan perakitan  rekayasa karoseri maka tahun 2012 CV. New Lie Ling kembali merubah status Perusahaan  sekaligus merubah nama perusahaan menjadi PT. Lie Ling Indonesia  bertujuan untuk lebihmengembangkan  serta memperluas pasar dengan mengeluarkan produksi   yang  professional, kreatif dan inovatif

Perusahaan kami berfokus pada kepuasan konsumen. Oleh karena itu secara terus menerus PT.  Lie Ling Indonesia  berusaha untuk meningkatkan kualitas produk, melakukan pengembangan produk dengan didukung oleh sumber daya manusia  profesional yang pada prinsipnya merupakan bentuk baru  ahli-ahli di bidang rekayasa /rancang bangun kendaraan yang mengikuti trend pasar otomotif masa kini. Sebagai tindak lanjutnya pada Tahun 2013 PT.  Lie Ling Indonesia telah menerapkan standar management produksi baku sesuai sertifikat ISO 9001 : 2008 dengan No. Regristasi: 15Q15190.

sumber : Karoseri New Lie ling